Click to listen highlighted text!
PROFIL PENGADILAN
ARSIP TAHUN : 2013
29 May

PROFIL PENGADILAN


Terbentuknya Pengadilan Negeri Bantul tidak lepas dari peran Pemerintah Daerah Tk. II Kabupaten Bantul dan DPRD Kabupaten Bantul yang turut serta andil dalam menyediakan tanah untuk mendirikan Gedung Pengadilan Negeri Bantul.

Pada tahun 1978, tepatnya pada tanggal 29 September 1978 yang merupakan hari jadi Pengadilan Negeri Bantul yang pertama kali bertempat di Gedung Balai Desa Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

Hakim Pengadilan Negeri Bantul sebelum ada ketua yang definitif di ambilkan dari Pengadilan Negri Yogyakarta, sedang tenaga/karyawan ada 2 (dua) pindahan dari Pengadilan Negeri Yogyakarta sebagai pionir yaitu : Bapak S.Pardjo, Bapak Noorman Handi, dibantu oleh 3 (tiga) orang Calon Pegawai yang diangkat /ditempatkan di Pengadilan Negeri Bantul, yaitu Sdr. Sutrisno, Sdr. Lanjiyono, Sdr. Dullahar Susisno, dan persidangannya hanya melaksanaan sidang Tilang.

Setelah Ketua Pengadilan Negeri Bantul yang definitif dilantik dan diambil sumpahnya yaitu : Bapak Sam’ani Soedjono, SH., dan Panitera Kepala dijabat oleh Bapak M. Soegito, BA. Semula karyawan dari Pengadilan Negeri Purworejo. Mulai pertengahan tahun 1979 tambah tenaga Hakim 4 (empat) orang antara lain :

1. Judo Sumarto, SH. Semula Hakim PN Wonosari

2. Sutomohadi Dimyati, SH. Semula Hakim PN Pekalongan

3. Ny. Yetty E. Pardjono, SH. Semula Hakim PN Wates

4. George Lewerissa, Semula Hakim PN Tobelo.

 

Dan selanjutnya menerima pindahan-pindahan dari lain Pengadilan Negeri maupun dari Kantor Urusan Tugas Belajar Departemen Kehakiman Yogyakarta, dan ada yang dari Direktorat Jenderal Pembinaan badan-badan Peradilan Umum, serta pengangkatan pegawai-pegawai baru atau calon pegawai yang didrop dari Pusat/dari Jakarta, ditambah tenaga magang.

Dengan DIPA tahun Anggaran 1978/1979 No. 44/XIII/4/1978, tanggal 1 April 1978, dibangun gedung Pengadilan Negeri Bantul dan Rumah Dinas Ketua diatas tanah seluas 3.000 m², terdiri 2 (dua) lantai terletak di Gise, Ringinharjo, Bantul, dan pada tanggal 6 Februari 1982 Gedung Pengadilan Negeri Bantul diresmikan oleh Bapak R. Soeroso, SH. Dirjen Badilum Departemen Kehakiman.

Click to listen highlighted text! Tekan Tombol Speaker