Click to listen highlighted text!
INDEX BERITA
19 Aug

Upacara Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung RI ke 73


Minggu, 19 Agustus 2018 pada pukul 07.30 WIB bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Bantul dilaksanakan upacara Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung yang ke-73. Upacara tersebut dihadiri oleh Jajaran Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai Pengadilan Negeri Bantul serta Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Bantul.

                    

                    

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Agama Bantul, Drs. YUSUF, SH, M.SI. yang pada kesempatan tersebut membacakan Amanat dari Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia M. Hatta Ali, S.H., M.H. dengan tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung RI mencanangkan “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi” dengan harapan bahwa di era ini seluruh warga peradilan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi informasi sehingga lebih adaptif dengan sistem elektronik yang ada untuk menunjang pelaksanaan tugas peradilan secara efektif, efisien, transparan dan Akuntabel.

Upacara selesai pada pukul 08.00 WIB.

Dirgahayu Mahkamah Agung yang ke-73, “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

Foto Selengkapnya klik disini

17 Aug

Upacara Peringatan HUT RI ke-73


Jumat, 17 Agustus 2018 pada pukul 07.30 WIB bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Bantul dilaksanakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-73. Upacara tersebut dihadiri oleh Jajaran Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai Pengadilan Negeri Bantul serta Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Bantul.

                    

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Agung Sulistiyono, S.H. , S.Sos., M.Hum. yang pada kesempatan tersebut membacakan Sambutan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

                                           

Dalam kesempatan peringatan hari jadi Republik Indonesia kali ini, Ketua Pengadilan Negeri Bantul menyerahkan secara simbolis penghargaan Satya Lencana Kepada Pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Upacara selesai pada pukul 08.20 WIB dan dilanjutkan dengan briefing di ruang sidang utama serta penyerahan penghargaan satya lencana kepada pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-73, KERJA KITA PRESTASI BANGSA!

Foto Selengkapnya klik disini

07 May

Sosialisasi Aplikasi Monitoring Implementasi SIPP (MIS)


Senin, 07 mei 2017 pukul 08.15 s.d. 08.59 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Bantul, telah dilaksanakan Sosialisasi Aplikasi Monitoring Implementasi SIPP (MIS) yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. dengan dihadiri oleh seluruh jajaran hakim dan seluruh pejabat fungsional Pengadilan Negeri Bantul.

Pada kesempatan kali ini, bapak Ketua Pengadilan Negeri Bantul menyampaikan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang selain tujuan utamanya sebagai monitoring dari Implementasi SIPP pada pengadilan juga merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai reminder untuk tiap-tiap pengguna SIPP apabila terjadi ketidaksesuaian data pada setiap perkara yang ditangani.

Tak lupa Ketua Pengadilan Negeri Bantul menyampaikan dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja kedepan akan ada reviu dalam pencapaian perbaikan data pada SIPP di lingkungan Pengadilan Negeri Bantul. Ketua Pengadilan Negeri Bantul juga berharap agar setiap unsur pimpinan serta para hakim memantau  kepatuhan pengisian SIPP melalui aplikasi Monitoring Implementasi SIPP (MIS).

01 Jun

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018 di Pengadilan Negeri Bantul


Jumat, 1 Juni 2018 pada pukul 08.00 WIB bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Bantul dilaksanakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara tersebut dihadiri oleh Jajaran Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Agung Sulistiyono, S.H. , S.Sos., M.Hum. yang pada kesempatan tersebut membacakan Sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Bapak Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa Kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Presiden juga mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Berikut adalah sambutan lengkap dari Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo :

Bismillahirrahmannirrahim,

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan,

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, 
Sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa Kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompk, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menteapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami sengantnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hari dan pikiran kita. pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi  dan berprestasi.

Saudar-saudara sebangsa dan setanah air, 
Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri dari 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semagat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagia momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh mengahambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lomapatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya yang unggul dan tangguh.

Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para Atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini. Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, 
Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai moment pengingat, momen pamacu dan momen aktualisasi nilai-niai Pancasilal. Marilah kita terus amalkan warisan mulai para founding fathers in iuntuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih indonesia kepada masyarakat dunia.

Neaga manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bineka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh resiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan kadilan sosial.

Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada par founding fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pancasila yang kita nikmati saat ini. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan pengahargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahana dan pengalaman Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Selamat Hari Lahir Pancasila
Kita bersatu !
Kita berbagi !
Kita Berprestasi!

Terimakasih
Wassalamualaikum wr. wb.
Om Shanti shanti shanti om, namo budaya.

Jakarta, 1 Juni 2018

Presiden Republik Indonesia

ttd

Joko Widodo

Upacara selesai pada pukul 08.30 WIB.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Bersatu!, Kita Berbagi!, Kita Berprestasi!

30 Apr

Pengantar Purna Bakti Bapak Sudarman, Staf Kepaniteraan Perdata Pengadilan Negeri Bantul


Tanggal 30 April 2018 adalah hari terakhir bagi Bpk. Sudarman, staf kepaniteraan perdata, menjalankan tugas pengabdiannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pengadilan Negeri Bantul. Selama pengabdiannya Bpk. Sudarman telah bertugas di Pengadilan Tinggi Yogyakarta mulai tanggal 1 maret 1985, kemudian pindah tugas ke Pengadilan Negeri Bantul pada 30 Juli 2003 sebagai staf kepaniteraan perdata. Tugas tersebut masih di emban hingga akhir masa tugasnya terhitung mulai tanggal 1 mei 2018.

 

 

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan pensiun oleh Sekretaris kemudian pembacaan riwayat singkat Bapak Sudarman oleh Panitera, sambutan oleh ketua Pengadilan Negeri Bantul Bpk Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos, M.Hum. dan kesan pesan dari Bpk Sudarman, penyerahan cinderamata dan diakhiri dengan doa.

Dalam sambutannya Ketua memberikan selamat dan mengucapkan terima kasih atas segala yang dilakukan untuk instansi, betapa pentingnya peran Bpk Sudarman yang menjadikan kegiatan kantor khususnya bidang keperdataan dapat berjalan dengan lancar. Juga disampaikan permohonan maaf dan harapan kepada Bpk Sudarman untuk tetap menjalin silaturahim dengan rekan-rekan pegawai

Disamping itu dalam kesan pesannya Bpk Sudarman juga menyampaikan terima kasih dan permintaan maaf atas salah serta membuka pintu silaturahim yang selebar-lebarnya bagi rekan-rekan untuk berkunjung.

  

 

Setelah sesi foto bersama, seluruh pegawai dalam acara pengantar purna bakti ini memberikan penghormatan kepada Bpk Sudarman dengan bersalaman satu per satu secara bergiliran dimulai dari ketua Pengadilan Negeri Bantul hingga pegawai honorer sembari Bpk sudarman berjalan di karpet merah menuju pintu keluar kantor Pengadilan Negeri Bantul. Pelepasan Bpk Sudarman menuju pintu keluar diiringi oleh seluruh jajaran pegawai.

 

 

 

Selamat memasuki masa pensiun Bapak Sudarman, semoga pengabdian Bapak manjadi inspirasi bagi seluruh pegawai yang masih bertugas. Terima kasih Bapak Sudarman.

 


Galeri Foto Kegiatan :

Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman
Pengantar purna...
Pengantar purna bakti bapak sudarman

Click to listen highlighted text! Tekan Tombol Speaker