Click to listen highlighted text!
INDEX BERITA
30 Oct

Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018


Sesuai dengan surat SEKMA nomor 1325/SEK/HM.01.2/IX/2018 tanggal 25 Oktober 2018 perihal Penyelenggaraan Uapcara Peringatan Hari Sumpah Pemda Ke 90 Tahun 2018 Pengadilan Negeri Bantul mengadakan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 dengan tata upacara sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 10.15.1/ MENPORA/DII/X/2018.

Uacara dilaksanakan di halaman depan kantor Pengadilan Negeri Bantul pada hari senin tanggal 29 Oktober 2018 dengan pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bp. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum dan perwira upacara Bpk. Sigit Indriyatno, S.H., M.. Yang berbeda dari pelaksanaan upacara bendera ini adalah bahwa petugas upacara diemban oleh para cakim (calon hakim) yang sedang bertugas magang di Pengadilan Negeri Bantul.

Upacara peringatan ini berjalan dengan khidmat dan lancar dari awal hingga akhir acara upacara. Selesai acara upacara, Ketua Pengadilan Negeri Bantul memberikan apresiasi dan pembinaan yang dilakukan di Ruang Sidang Utama terkait dengan pelaksanaan upacara dan peringatan hari sumpah pemuda. 

23 Oct

Pengadilan Negeri Bantul Nonton Bareng Peresmian 85 Pengadilan Negeri Baru


Dengan adanya peresmian 85 pengadilan baru di seluruh indonesia yang diunggah di dalam channel youtube secara live, seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan mengadakan kegiatan nonton secara bersama-sama prosesi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru.

Kegiatan nonton ini diikuti oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, serta seluruh jajaran pegawai Pengadilan Negeri Bantul yang dilaksanakan di Ruang sidang utama Pengadilan Negeri Bantul.

Di dalam prosesi peresmian tersebut bahwa salah satu rangkaian kegiatan sehubungan dengan kebijakan Mahkamah Agung dalam rangka memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat serta mendekatkan layanan pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan (Justicia Bellen), Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. meresmikan sejumlah 85 pengadilan baru yang tersebar di seluruh indonesia. Peresmian tersebut dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan peresmian tersebut maka 85 pengadilan baru yang terdiri dari 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama, 3 (tiga) Mahkamah Syari’ah, dan 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara sudah mulai bertugas dan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan dibentuknya pengadilan baru, maka daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari kantor pengadilan karena berada di ibu kota  daerah yang dimekarkan sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan, saat ini sudah tidak menjadi kendala utama. Selain itu masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke pengadilan dan waktu tempuh yang relatif singkat. Ketua Mahkamah Agung berharap dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Teriring doa dari Ketua Pengadilan Negeri Bantul beserta seluruh jajaran pegawai Pengadilan Negeri Bantul semoga dengan diresmikannya 85 Pengadilan Baru pelayanan kepada masyarakat pencari keadlan menjadi lebih optimal.

Berikut video live stream Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru di Melonguane :

 

Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=KNbWd3C84uk

19 Aug

Upacara Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung RI ke 73


Minggu, 19 Agustus 2018 pada pukul 07.30 WIB bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Bantul dilaksanakan upacara Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung yang ke-73. Upacara tersebut dihadiri oleh Jajaran Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai Pengadilan Negeri Bantul serta Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Bantul.

                    

                    

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Agama Bantul, Drs. YUSUF, SH, M.SI. yang pada kesempatan tersebut membacakan Amanat dari Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia M. Hatta Ali, S.H., M.H. dengan tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung RI mencanangkan “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi” dengan harapan bahwa di era ini seluruh warga peradilan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi informasi sehingga lebih adaptif dengan sistem elektronik yang ada untuk menunjang pelaksanaan tugas peradilan secara efektif, efisien, transparan dan Akuntabel.

Upacara selesai pada pukul 08.00 WIB.

Dirgahayu Mahkamah Agung yang ke-73, “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

Foto Selengkapnya klik disini

03 Oct

Penghargaan Komisi Informasi Propinsi sebagai Badan Publik Terbaik III Kategori Yudikatif DIY


Komisi Informasi Propinsi DIY menyelenggarakan Monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018 untuk seluruh Badan Publik DIY. Pengadilan Negeri Bantul sebagai salah satu badan publik di budang Yudikatif menjadi salah satu objek kegiatan tersebut mendapatkan Penghargaan sebagai Badan Publik Terbaik III untuk Kategori Yudikatif.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2018 tersebut merupakan puncak acara Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018 di Badan Publik Seluruh DIY. Monitoring dan Evaluasi tersebut sudah dimulai bulan April Tahun 2018 dengan puncak acara pada tanggal 27 September 2018 di Bangsal Kepatihan, Komplek Kepatihan DIY

Kegiatan ini dilakukan dalan 5 (lima) tahapan, dimulai dengan pengisian kuesioner dari Komisi Informasi Propinsi (KIP); kemudian dilakukan pencermatan website Pengadilan Negeri Bantul; uji akses yang dilakukan KIP bekerjasama dengan universitas di yogyakarta tanpa sepengetahuan Pengadilan Negeri Bantul; visitasi langsung oleh KIP ke Pengadilan Negeri Bantul; dan tahap terakhir adalah presentasi badan publik.

Ketua Pengadilan Negeri Bantul memberikan apresiasi terhadap kinerja pelayanan informasi pengadilan Negeri Bantul dan berharap untuk lebih ditingkatkan kembali untuk dapat bersaing kembali pada waktu yang akan datang dengan hasil yang lebih memuaskan.

17 Aug

Upacara Peringatan HUT RI ke-73


Jumat, 17 Agustus 2018 pada pukul 07.30 WIB bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Bantul dilaksanakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-73. Upacara tersebut dihadiri oleh Jajaran Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai Pengadilan Negeri Bantul serta Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Bantul.

                    

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Agung Sulistiyono, S.H. , S.Sos., M.Hum. yang pada kesempatan tersebut membacakan Sambutan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

                                           

Dalam kesempatan peringatan hari jadi Republik Indonesia kali ini, Ketua Pengadilan Negeri Bantul menyerahkan secara simbolis penghargaan Satya Lencana Kepada Pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Upacara selesai pada pukul 08.20 WIB dan dilanjutkan dengan briefing di ruang sidang utama serta penyerahan penghargaan satya lencana kepada pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-73, KERJA KITA PRESTASI BANGSA!

Foto Selengkapnya klik disini

Click to listen highlighted text! Tekan Tombol Speaker