Click to listen highlighted text!
INDEX BERITA
ARSIP TAHUN : 2018
23 Oct

Pengadilan Negeri Bantul Nonton Bareng Peresmian 85 Pengadilan Negeri Baru


Dengan adanya peresmian 85 pengadilan baru di seluruh indonesia yang diunggah di dalam channel youtube secara live, seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan mengadakan kegiatan nonton secara bersama-sama prosesi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru.

Kegiatan nonton ini diikuti oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, serta seluruh jajaran pegawai Pengadilan Negeri Bantul yang dilaksanakan di Ruang sidang utama Pengadilan Negeri Bantul.

Di dalam prosesi peresmian tersebut bahwa salah satu rangkaian kegiatan sehubungan dengan kebijakan Mahkamah Agung dalam rangka memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat serta mendekatkan layanan pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan (Justicia Bellen), Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. meresmikan sejumlah 85 pengadilan baru yang tersebar di seluruh indonesia. Peresmian tersebut dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan peresmian tersebut maka 85 pengadilan baru yang terdiri dari 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama, 3 (tiga) Mahkamah Syari’ah, dan 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara sudah mulai bertugas dan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan dibentuknya pengadilan baru, maka daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari kantor pengadilan karena berada di ibu kota  daerah yang dimekarkan sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan, saat ini sudah tidak menjadi kendala utama. Selain itu masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke pengadilan dan waktu tempuh yang relatif singkat. Ketua Mahkamah Agung berharap dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Teriring doa dari Ketua Pengadilan Negeri Bantul beserta seluruh jajaran pegawai Pengadilan Negeri Bantul semoga dengan diresmikannya 85 Pengadilan Baru pelayanan kepada masyarakat pencari keadlan menjadi lebih optimal.

Berikut video live stream Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru di Melonguane :

 

Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=KNbWd3C84uk

Click to listen highlighted text! Tekan Tombol Speaker