BERITA TERKINI
22 Sep

PERESMIAN POSKO PENYALURAN AIR BERSIH DAN BAKTI SOSIAL DI GUNUNGKIDUL


BANTUL, MEDIAPNBTL – Kondisi musim kemarau di Daerah Istmewa Yogyakarta menyebabkan beberapa daerah di wilayah hukum Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu daerah Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kekurangan persediaan air. Hal ini mendapatkan perhatian dari Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Bapak Setyawan Hartono, S.H., M.H. yang kemudian bermaksud memberikan bantuan droping air bersih untuk daerah yang kekurangan.

Oleh karena itu pada jumat, 22 September 2023 diselenggarakan kegiatan Peresmian Posko dan Bakti Sosial Penyaluran Air Bersih Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Yogyakarta bertempat di Kantor Pengadilan Negeri Wonosari.

Diundang dalam acara tersebut adalah Ketua Pengadilan Negeri se-wilayah DIY, Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul, para Kepala desa yang menjadi titik droping air bersih. Untuk Pengadilan Negeri Bantul dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum.

Dalam acara peresmian tersebut, sambutan disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Wonosari sebagai Tuan Rumah Posko Penyaluran Air, Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul selaku Penyalur, dan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta selaku penyelenggara kegiatan. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Setyawan Hartono, S.H. M.H. menyampaikan bahwa lembaga peradilan ini juga ingin dekat dengan masyarakat, sehingga lembaga hukum ini selain menangani permasalahan hukum saja juga membangun kepedulian atas apa yang dirasakan oleh masyarakat. Dan terselenggaranya penyaluran air bersih ini adalah atas partisipasi dan kepedulian seluruh warga Pengadilan Negeri di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Beliau juga menyatakan bahwa kegiatan penyaluran air bersih ini juga akan bersifat kontinyu hingga datang musim penghujan. Oleh karena itu Ketua Pengadilan Tinggi juga menyampaikan terimakasih kepada para pimpinan di Pengadilan Negeri se-wilayah DIY atas partisipasinya dalam penyaluran air bersih.

Kegiatan pada hari ini diakhiri dengan pemberangkatan Truk Tangki yang berisi air di depan Posko Penyaluran Air Bersih. Penyaluran tahap pertama ini akan dilaksanakan di Desa/Dusun Legundi, Monggol dan Tungu.

19 Sep

Menilai Kesiapan Tanggap Bencana, BPBD Kunjungi Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pada hari ini, Selasa, 19 september 2023, Pengadilan Negeri Bantul mendapatkan kunjungan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bantul dalam rangka untuk melakukan inspeksi terkait kesiapan lembaga pelayanan publik dalam penanggulangan resiko bencana.

Kunjungan Tim dari BPBD diterima secara resmi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum., di Ruang Media Center Pengadilan Negeri Bantul, didampingi oleh Sekretaris, Kasubbag Umum dan Keuangan serta petugas siaga bencana internal Pengadilan Negeri Bantul.

Monitoring ini dilaksanakan dengan melakukan pengecekan terhadap alat-alat keselamatan/ penanggulangan bencana seperti ketersediaan dan spesifikasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan), ketersediaan alarm/penanda bencana, atau sensor panas di Pengadilan Negeri Bantul.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan Pengadilan Negeri Bantul sebagai salah satu lembaga pelayanan publik dapat lebih siap apabila terjadi bencana serta terjalin koordinasi yang lebih baik lagi dengan BPBD Kabupaten Bantul.

04 Sep

Pengadilan Negeri Bantul dan Pemerintah Kabupaten Bantul Tanda Tangani MoU Mall Pelayanan Publik


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul melakukan Penandatanganan Naskah Kerjasama Mall Pelayanan Publik (MPP) dengan Pemerintah Kabupaten Bantul. Penandatanganan kerjasama ini merupakan bentuk inovasi antara Pemkab Bantul bersama dengan Pengadilan Negeri Bantul dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bantul terintegrasi satu pintu dengan pelayanan prima melalui layanan Mall Pelayanan Publik.

Penandatanganan MOU dilakukan di Ruang Kerja Bupati Bantul pada hari Senin, 04 September 2023 dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih beserta jajaran terkait diantaranya Wakil Bupati, Sekda, Asisten pemerintahan, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas PM dan PTSP Kabupaten Bantul dan tim lainnya, sedangkan Ketua PN Bantul Sunoto,S.H.,M.H didampingi oleh Panitera PN Bantul Sigit Indriyatno, S.H.,M.H, Sekertaris PN Bantul Yuyun Fithriyah, S.E.Ak dan seluruh pejabat yang berkompeten.

Penandatanganan MoU MPP juga dilakukan oleh Kepolisian Resor Bantul dengan Pemkab Bantul.

Ketua PN Bantul Sunoto,S.H.M.H, mengemukakan dalam sambutannya, hadirnya Pengadilan Negeri Bantul dalam Mall Pelayanan Publik harapannya mampu mengikis layanan publik yang identik dengan menyita waktu, antrian panjang, praktik percaloan dan minimnya informasi layanan. Kehadiran MPP dapat menjadi sebuah ekskalasi atas pelayanan prima seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik.

Menyambut dalam acara penandatanganan tersebut, Bupati Bantul juga menyatakan jajaran pemerintahan baik SKPD, Instansi vertikal, maupun kepolisian harus dapat mengimbangi kondisi kebutuhan dan layanan masyarakat saat ini yang semakin cepat pada berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya perjanjian ini dapat menjadi solusi layanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat pada umumnya dan masyarakat di Kabupaten Bantul pada khususnya.

08 Sep

Penandatanganan MoU Mediator Non Hakim pada Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Sunoto, S.H., M.H., bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Negeri Bantul melakukan perjanjian kerjasama / Memorandum of Understanding (MoU) dengan mediator yang bukan dari Hakim (mediator non hakim). Sebagaimana diketahui bahwa selain Hakim, fungsi mediasi terhadap perkara perdata di Pengadilan juga dapat dilaksanakan oleh seorang mediator yang telah mempunyai sertifikat mediator dan memiliki keahlian sebagai seorang mediator.

Pada hari jumat, 08 September 2023 Pengadilan Negeri Bantul telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan 4 (empat) orang mediator dari 6 (enam) mediator yang ingin bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Bantul. 2 (dua) mediator yang belum bertandatangan MoU akan dilaksanakan pada kesempatan berikutnya.

Dalam PERMA nomor 1 Tahun 2016 bahwa sengketa perdata yang diajukan ke Pengadilan terlebih dahulu diupayakan penyelesaian melalui mediasi. Dengan demikian mediasi juga merupakan salah satu cara penyelesaian perkara yang mudah cepat dan berbiaya ringan, karena tidak perlu untuk melalui proses pemeriksaan di persidangan.

Dengan adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan semkin banyak sengketa keperdataan yang dapat diselesaikan melalui proses mediasi sehingga terjadi kesepakatan perdamaian tanpa melalui proses pemeriksaan di persidangan.

28 Agu

Nonton Bareng Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka HUT MARI ke-78


BANTUL, MEDIAPNBTL - Pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 bertempat di Pengadilan Negeri Bantul, diselenggarakan acara nonton bareng live streaming Pagelaran Wayang Kulit Lakon Semar Mbangun Khayangan dalam rangka memperingati HUT ke -78 Mahkamah Agung Republik Indonesia. Acara ini menindaklanjuti surat undangan dari Sekertaris Mahkamah Agung RI Nomor 1411/SEK/UND.KP5.4/VIII/2023 tanggal 8 Agustus 2023 demi mensukseskan pemecahan rekor MURI pagelaran wayang kulit yang ditonton oleh empat lingkungan Badan Peradilan Seluruh Indonesia. Acara disiarkan langsung dari Gedung Mahkamah Agung Jakarta dan dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H.M Syarifuddin, S.H., M.H.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Sunoto,S.H.,M.H, Wakil Ketua Kurniawan Wijonarko, S.H.,M.Hum, Para Hakim, Panitera, Sekertaris dan segenap warga Pengadilan Negeri Bantul.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih beserta jajaran FORKOPIMDA Kab.Bantul. Ketua, Wakil Ketua dan Sekertaris Pengadilan Agama Bantul, Kepala Rutan Bantul, Sekertaris Daerah Bantul, turut hadir dalam acara tersebut.

Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai, hadirin menyaksikan film Pesan Bermakna Jilid III yang mengisahkan perjuangan seorang hakim dalam menjaga integritas dan kredibilitas untuk memperjuangkan keadilan. Film ini dirilis oleh Mahkamah Agung RI dalam memperingati HUT MARI ke-78. Kemudian dilanjutkan acara inti nonton bareng Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Dr.H.Yanto SK,S.H.,M.H (Panitera Muda Pidana Umum Mahkamah Agung), Ki MPP.Bayu Aji Pamungkas, Ki Sri Kuncoro (Brimob) dan Ki Harso Widisantoso (Mayor Laut).

Acara berlangsung dengan lancar dan meriah serta larut dalam kebersamaan dan kegembiraan dalam merayakan moment bersejarah bagi lembaga peradilan.